Proses Pembekuan Kutil Kelamin

Jika anda menderita penyakit ini maka harus segera melakukan pengobaan, dan biasanya salah satu metode pengobatan yang diberikan kepada penderita adalah melalui pembekuan kutil. Tapi anda kemudian mungkin akan bertanya-tanya bagaimana proses pengobatan ini dilakukan sedangkan lebih banyak penderita yang memilih pengobatan umum melalui memotong kutil. Tapi kesemua pengobatan ini sebenarnya hanya dapat dikatakan sebagai proses menghilangkan kutil belum tentu obat untuk menghilangkanya yang menjamin tak akan kambuh lagi.

Dalam proses pengobatan ini, penderita juga harus menyadari bahwa kita tidak bisa membekukan kutil kita dengan cara sendiri, dokter akan menjelaskan bagaimana proses pengobatan penyakit ini yang kemudian anda harus menuruti mengenai segala prosedur termasuk jadwal pengobatan ini dilakukan. Pengobatan dengan sistem pembekuan ini juga termasuk dalam prosedur bedah. Artinya metode pengobatan ini bisa jadi metode terakhir yang disarankan oleh dokter.

Biasanya sebelum metode pengobatan ini diterapkan, dokter akan menganjurkan penderita mencoba metode pengobatan lain seperti dengan mengoleskan krim atau asam. Jika perawatan ini tidak bekerja, maka dokter akan menyetujui pembekuan kutil sebagai opsi kedua. Proses pembekuan melibatkan penghapusan kutil kelamin ini dalam ilmu kedokteran dikenal dengan nama cryosurgery. Dalam prosedur ini, dokter secara hati-hati akan membekukan kutil menggunakan nitrogen cair, hingga mencair dan membeku lagi. Akibatnya, kutil dan kulit sekitarnya akan melepuh dan mati. Ketika menyembuhkan kulit, kutil akan jatuh dan kulit baru akan muncul. Selama prosedur, pasien akan mengalami ringan sampai sedang sensasi terbakar dan nyeri setelah prosedur.

Proses penyembuhan akan memakan waktu sekitar satu sampai tiga minggu. Namun, penting untuk menahan diri dari berhubungan seks sampai daerah yang terkena benar-benar sembuh. Bagi sebagian besar pasien yang mencari perawatan semacam ini, beberapa pengulangan mungkin diperlukan. Selain itu, dokter hanya dapat merekomendasikan proses pembekuan jika kutil kelamin masih berukuran kecil atau terjadi di lokasi yang mengganggu, seperti anus.

Penelitian telah menunjukkan bahwa 70% pengobatan ini efektif menyembuhkan. Namun, beberapa kutil dapat tumbuh kembali dan pengobatan baru mungkin diperlukan. Satu-satunya efek samping dari pengobatan kutil melalui pembekuan ini adalah kemungkinan munculnya jaringan parut. Selain itu, Anda harus menyadari bahwa bahkan setelah membekukan kutil dan daerah yang terkena disembuhkan, kutil kelamin masih bisa kembali karena virus yang menyebabkan kutil ini tetap aktif dalam tubuh dan mungkin muncul kembali kapan saja.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s